Selasa, 21 September 2010

Rahasia Sulap


Mungkin teman-temen pernah melihat pertunjukkan sulap berupa seseorang yang bisa memunculkan tulisan dari sebuh kertas hanya dengan menyemprot kertas tersebut dengan semprotan air yang biasa di pakai untuk nyemprot tanaman atau biasa kita lihat di salon2.
Ingin bisa seperti mereka atau hanya sekedar ingin mengetahui rahasianya???
Saya akan mencoba mengungkapkannya, siapa tahu teman-teman ada yang ingin menekuni profesi pesulap atau menambah koleksi teknik permainan sulapnya:
Ikuti tutorial dibawah ini:
1. Sediakan alat-alat:
a. Penyemprot air, Anda bisa mendapatkannya di toko bunga/tanaman/salon.
Bisa Anda beli disitu atau jika ada tetangga ada yang punya, pinjam hak miliknya, jadi tidak perlu dibalikkin :D (hati2 dilabrak tetangga)

b. Kertas
Jika anda ingin show hanya kepada teman2, sediakan saja kertas ukuran A4,tetapi jika anda ingin pertunjukkan agak besar, coba saja kertas ukuran koran (tanya kpd tukang koran ukurannya berapa... :D)

2. Sediakan Bahan-bahan kimia dibawah ini:
a. Caustic Soda (pellet bentuknya)
Anda bisa mendapatkannya di toko-toko kimia, bilang aja mau beli kaustik soda (kalo gak salah sekilonya gak lebih dari 10.000), Kalo yg jaga tokonya ak ngerti , bilang aja mau beli NaOH (natrium Hidroksida). Beli aja seperapat atau setengah kilo. oo yah, beli yg spesifikasi teknis ajjja.jangan yg gradenya PA (pure analysis), soalnya mahal kalo yg itu.
Setelah itu, larutkan 5 gram NaOH ke 1 ltr air, lalu masukkan ke botol penyemprot. (1.a)

2. Indikator PP (Phenolphtalein)
Anda bisa mendapatkannya di toko kimia. Bentuknya serbuk, agak mahal harganya ( 100 gram kalo gak salah 100 rbu, Coba beli saja kemasan yg udah dalam bentuk cair, agak murah (10 rebuan).
Yang bentuk cair itu isinya sebenarnya, 1 gram PP dalam 500 ml alkohol.
Kalo anda kebetulan dapatkan dalam bentuk serbuk pun entah dr teman ato dapet dr lab sekolah, anda kudu melarutkannya juga dalam 500 ml alkohol per 1 gramnya. Larutannya bening.

Cara kerjanya;
1. Oleskan larutan PP ke kertas menggunakan kuas kecil atau apapun yang ujungnya sudah dicelup ke larutan PP. seperti anda menulis dalam sebuah kertas. Tulisan tersebut bisa dapat berupa tulisan " BUKAN SULAP BUKAN MAGIC" atau "KETIPU NI YEHH" wakakak... . yang pasti tulisan tersebut di kertas gak akan terlihat oleh anda.
2. saat show, Spray dengan botol penyemprot yang sudah berisi larutan PP.
3. ENG i ENG.... muncul tulisan merah ANDA yang sebelumnya anda tulis berupa tulisan merah. (dari bekas larutan PP yg sudah kering dikertas)

Penjelasan ilmiah:
1. Larutan PP akan memberikan warna merah pada keadaan basa NaOH dan tidak akan berwarna pada suasana asam.

Hati2:
Alkohol jauhkan dari api!
Jika kaustic kena tangan, segera cuci dengan air!
PP ind. bersifat racun.



SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar