Selasa, 21 September 2010

Keajaiban Buah Kubis Ungu

Keajaiban Buah Kubis Ungu

Mungkin teman2 ada yang pernah mendengar bahan kimia sintetis indikator. Nama-nama indikator mulai dari PP, SM , MM, Bluephenol blue dsb. Fungsinya antara lain sebagai penunjuk dalam analisis kimia, terutama pada analisis metode titrimetri. Fungsinya sebagai penunjuk pada saat titrasi. Indikator bisa sebagi penunjuk pH, penunjuk bahwa reaksi sudah selesai dsb. Kita mengetahui dari perubahan warna yang dihasilkan dari larutan.

Namun , kita mungkin baru mendengar bahwa ada buah yang mempunyai sifat seperti indikator, yang akan memberikan perubahan warna pada setiap perubahan pH. Bahan alam ini adalah kubis ungu. Silahkan anda coba beli kubis ungu di pasar, lalu blender, dan teteskan pada larutan asam dan basa.
Percobaan larutan asam bisa menggunakan cuka dapur (pH <7)dan percobaan pada larutan basa bisa menggunakan larutan kaustik soda(pH>7). Anda akan melihat perubahan warn yang cantik di setiap perubahan pH.
Penulis telah melakukan percobaan sederhana, Anda penasaran silahkan mencoba dan cobalah ekstraksi sehingga mendapatkan ekstrak murni. Penulis menghentikan percobaan ke tahap pemurnian, silahkan anda mencobanya.. (Lumayan buat judul skripsi, hehe...)

Sumber awal ttng kubis ungu: Anonimus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar