Selasa, 21 September 2010

Bagaimana mengganti tepung terigu?

Limbah ampas tahu dapat anda gunakan sebagai pengganti tepung terigu. Bagaimana caranya?
Seperti kita ketahui tepung terigu merupakan bahan pokok di setiap membuat kue, mie dll..
Adakah tepung pengganti dari terigu yang murah dan berprotein lebih tinggi??
Tepung yg dibuat dari ampas tahu merupakan sumber protein yang tinggi. Bau langu yang berasal dari kacang kedelai memang merupakan salah satu kelemahannya, namun substitusi yang proporsional dapat Anda lakukan sehingga walaupun tidak mengganti seluruhnya dengan tepung terigu, namun Anda dapat mengganti sebagian dan itu menurunkan ongkos produksi.
Langkah2 pembuatan tepung ampas tahu:
1. Beli limbah ampas tahu di pabrik-pabrik tahu. pabrik tahu kalau d i Bogor ada di daerah Kampung Muara. Anda bisa menuju kesana dari terminal bogor dengan menggunakan angkot 06 , turun di BTM, terus naik angkot 03.
2. Ampas tahu biasanya digunakan oleh para pabrik tahu untuk pakan. Tapi kalo ANda berminat anda minta saja atau dihargain dengan uang . Maksudnya uang 5000 saja , anda sudah bisa mendapatkan 5kg ampas tahu.
3. Ampas tahu bisa Anda keringkan di Sinar Matahari, lalu setlah kering, Anda ayak dengan saringan halus. Tepung ampas tahu yang sudah penulis riset, mampu mengganti 15% tepung terigu pada pembuatan mie basah. Bagaimana cara pembuatan mie basah ???ini akan penulis terangkan pada tulisan selanjutnya.
Pada komposisi 15% adalah komposisi optimal, artinya kandungan protein yang tinggi dan meningkat dibanding tepung terigu murni saja, tapi bau langu tidak tercium oleh konsumen.
Hasil peneltian ini pun telah diuji mikrobiloginya.Selama proses pembuatan tepung higienis, kita dapat menekan cemaran mikroba kapang khamir. Tekniknya, pengeringan ampas tahu dilakukan secara maksimal pada terik matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar